Sandeza Omnichannel Live Chat: Solusi Untuk Transformasi Layanan Pelanggan

Omnichannel sendiri adalah sistem yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi bisnis ke dalam satu platform. Dengan menggunakan omnichannel, Anda dapat mengelola berbagai saluran seperti website, media sosial, email, WhatsApp, serta saluran lainnya secara bersamaan dan memberikan pelayanan yang responsif.

Omnichannel bertujuan agar bisnis dapat mengelola beragam saluran komunikasi dengan mudah, memberikan respon yang konsisten kepada para pelanggan melalui satu tempat terpusat, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dengan memastikan seluruh percakapan pelanggan ditanggapi dengan baik.

Apa saja manfaat omnichannel?

Penggunaan omnichannel dalam bisnis sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Berikut adalah penjelasan detail mengenai manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan Sandeza Omnichannel Live Chat.

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan 

Omnichannel dapat digunakan bisnis untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dengan menyatukan berbagai saluran komunikasi dua arah antara bisnis dan pelanggan, diharapkan dapat mempermudah dan mendorong pelanggan dalam berinteraksi dengan bisnis offline, seperti restoran, kafe, hingga marketplace online.

Merevolusi Pelayanan Pelanggan 

Omnichannel adalah sarana merevolusi bisnis dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Dengan omnichannel live chat, bisnis dapat dengan mudah memberikan respons yang konsisten pada kanal komunikasi manapun yang jadi favorit pelanggan tanpa harus berpindah dari satu platform ke platform lainnya. 

Dengan respon yang cepat dan konsisten di beragam saluran komunikasi, bisnis dapat memastikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya di kanal manapun. Respon yang tepat dan konsisten akan membuat pelanggan puas dan meningkatkan loyalitas terhadap bisnis.

Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Ketersediaan berbagai saluran komunikasi yang terintegrasi dalam omnichannel memungkinkan Anda menerapkan strategi pemasaran bisnis yang beragam kepada pelanggan, dengan tujuan meningkatkan konversi dan penjualan produk. 

Melalui omnichannel, bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang terpersonalisasi. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang nantinya akan berpengaruh terhadap penjualan produk. 

Melalui strategi pemasaran dan penyediaan layanan melalui omnichannel, bisnis juga dapat memastikan pelanggan telah dilayani dengan baik, dan memberikan apa yang mereka butuhkan di saat yang tepat.

Fitur-fitur Utama pada Omnichannel

Sandeza Omnichannel Live Chat hadir dengan sejumlah fitur canggih untuk memberikan pengalaman penggunaan omnichannel yang optimal bagi Anda. Mari kita cari tahu beberapa fitur utama Sandeza Omnichannel Live Chat yang dapat Anda manfaatkan untuk menyediakan pelayanan pelanggan terbaik.

Human-Bot Collaboration

Tidak perlu khawatir kewalahan dalam merespon banyaknya percakapan pelanggan. Anda dapat memanfaatkan fitur Human-Bot Collaboration dari omnichannel untuk mengintegrasikan chatbot dalam live chat bisnis, dan membantu staf customer service bisnis Anda memberikan respon yang cepat dan tepat kepada pelanggan

Baca juga: AI Chatbot Indonesia: Solusi Praktis untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Dengan adanya bantuan dari chatbot, pelanggan memiliki kemungkinan lebih besar untuk merasa senang karena pertanyaannya dijawab dengan cepat. Selain itu, staf customer service bisnis Anda jadi tidak kewalahan dalam menanggapi antrian percakapan dan berdampak positif pada produktivitas kerja mereka.

CSAT 

Penasaran apakah pelanggan yang berinteraksi dengan bisnis Anda sudah puas dengan pelayanan yang diberikan? Anda bisa mengetahuinya dari fitur CSAT (customer satisfaction score), sebuah metode dalam omnichannel yang memperlihatkan tingkat kepuasan pelanggan dalam bentuk persentase berdasarkan customer feedback.

Pelanggan dapat memberikan nilai untuk pelayanan bisnis Anda melalui fitur CSAT ini. Nilai dan ulasan yang mereka berikan nantinya dapat dijadikan acuan evaluasi bagaimana bisnis Anda dapat meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang membuat pelanggan kurang senang.

Chat Tag

Penting untuk mengelompokkan berbagai percakapan pelanggan agar Anda dapat mengidentifikasi permasalahan umum yang sering terjadi dalam bisnis Anda. Fitur Chat Tag adalah solusi efektif untuk tujuan ini.

Fitur Chat Tag dapat mengkategorikan percakapan berdasarkan jenis masalah atau pertanyaan yang sering muncul, sehingga memungkinan Anda untuk mengidentifikasi dan mempersiapkan strategi penyelesaian yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Assign Agent Role

Dengan menggunakan omnichannel, Anda bisa mendistribusikan setiap percakapan pelanggan secara merata kepada para agen Customer Support melalui fitur Assign Agent Role. Fitur ini hadir untuk meminimalisir antrian percakapan dan memastikan bahwa setiap percakapan pelanggan ditangani dengan baik dan efisien.

Bagaimana Cara Kerja Omnichannel?

Omnichannel bekerja dengan cara menggabungkan seluruh saluran komunikasi bisnis dalam satu platform. Dari satu platform ini, staf bisnis dapat mengirimkan respons yang konsisten terhadap pelanggan dan memastikan seluruh pertanyaan pelanggan telah terjawab dengan baik.

Baca juga: WhatsApp Business API: Solusi Bisnis Tingkatkan Interaksi dan Layanan Pelanggan

Secara umum, cara kerja omnichannel terdengar mirip dengan multichannel. Perbedaannya, jika multichannel adalah strategi bisnis yang dilakukan melalui berbagai saluran penjualan, omnichannel adalah sebuah strategi dan platform untuk mengoptimalkan strategi multichannel tersebut dengan mengelolanya melalui satu platform terpadu.

Integrasi berbagai saluran multichannel dalam satu platform omnichannel memungkinkan strategi penjualan dan customer service dieksekusi dengan baik.

Split Image

Kesimpulan

Dengan Sandeza Omnichannel Live Chat, bisnis Anda akan semakin baik dalam memberikan layanan pelanggan. Platform omnichannel akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memberikan respon yang konsisten kepada pelanggan melalui integrasi beragam saluran komunikasi bisnis dalam satu platform.

Selain dapat mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform, Sandeza Omnichannel Live Chat juga dapat diintegrasikan dengan chatbot untuk komunikasi yang lebih cepat dan efektif, demi layanan pelanggan yang cepat dan membangun kepuasan pelanggan.

Jangan tunda lebih lama lagi! Mari transformasikan layanan pelanggan bisnismu ke level yang lebih tinggi dengan menggunakan Sandeza Omnichannel Live Chat. Konsultasikan secara gratis sekarang mengenai Sandeza Omnichannel Live Chat dengan menghubungi tim kami di sbd@sprintasia.co.id

Author: markom-bayarind