28 November, 2022 | E-Wallet

Yuk, Kenali Apa Itu Cyber Security dan Jenis-Jenisnya

Keamanan dalam dunia siber menjadi hal yang harus diutamakan dalam pemakaian teknologi. Hal ini dikarenakan, seiring berkembangnya teknologi, bisa dipastikan kejahatan siber semakin marak mengikuti perkembangan cyber security itu sendiri.

Setiap orang saat ini berselancar di internet dengan mudahnya. Dengan demikian, tentu bukan tidak mungkin ada ancaman baru bagi penggunanya. Apalagi, pengguna internet tentu kerap menyimpan atau membagikan data pribadi ke sosial media atau situs lainnya. Jika data itu bocor, tentu akan menjadi masalah baru.

Maka dari itu, Anda tentu perlu mengenal mengenai cyber security lebih lanjut lengkap dengan berbagai jenisnya. Hal ini dilakukan agar Anda pun bisa memberikan keamanan siber yang lebih sesuai untuk menjauhkan diri dari berbagai kejahatan siber.

Apa Itu Cyber Security

Keamanan siber merupakan upaya untuk melindungi perangkat, jaringan, program, serta data dari berbagai jenis serangan digital yang bisa membahayakan. Dengan meningkatkan keamanan siber, mulai dari memasang firewall, pencadangan data, autentikasi dua faktor, dan lain-lain tentu akan mencegah kejahatan siber masuk dan merusak sistem Anda.

Selain itu, perlu diketahui bahwa Cyber Security adalah bidang yang berkembang seiring berjalannya waktu tergantung pesatnya kemajuan teknologi dan kejahatan siber dari masa ke masa. Sebuah keamanan siber dinilai berhasil apabila memiliki kekuatan sistem pertahanan yang baik untuk mencegah kejahatan digital.

Anda bisa memulainya dengan memakai perlindungan berlapis, sebagai langkah dasar untuk meningkatkan keamanan siber. Akan tetapi, ternyata masih banyak cara lain yang bisa dilakukan tergantung jenisnya.

Jenis Ancaman Cyber Security


1. Cyber Crime

Cyber crime atau kejahatan siber merupakan salah satu kejahatan digital yang menyasar sebuah sistem serta jaringan komputer. Komputer yang dipakai sebagai alat, adalah target dari kejahatan digital itu juga.

Umumnya, pelaku kejahatan siber memakai sebuah perangkat agar bisa masuk serta mencuri data pribadi, bisnis, atau pemerintah demi kepentingan pribadi. Selain itu, biasanya data yang dicuri tersebut disalahgunakan atau dijual ke forum dengan harga mahal.


2. Cyber Attack

Cyber attack atau serangan siber pada dasarnya adalah bagian dari kejahatan siber. Akan tetapi, umumnya cyber attack memiliki maksud dan latar belakang yang berbeda dari para pelakunya. Mulai dari kepentingan politik maupun organisasi.

Biasanya, serangan siber dilakukan demi mengumpulkan data rahasia dari sebuah organisasi. Selain itu, pelakunya pun biasanya mendapatkan serta mencuri informasi sensitif sampai mengambil alih sistem.


3. Cyber Terrorism

Cyber Terrorism atau terorisme siber secara ringkas memang memiliki kemiripan dengan serangan siber. Akan tetapi, biasanya kejahatan ini dilakukan untuk memberi provokasi, intimidasi online, sampai ancaman terhadap pihak-pihak tertentu.

Dengan kata lain, pelaku kejahatan siber yang satu ini berniat memunculkan kepanikan dan ketakutan dengan skala besar. Mereka biasanya bisa mencuri data, mengambil alih sistem, serangan malware, menghapus data, dan lain sebagainya.

Kejahatan siber merupakan hal yang sangat cukup ditakuti. Maka dari itu, keamanan siber menjadi hal yang patut diperhatikan untuk segala hal termasuk bisnis. Dalam bisnis transaksional, pastikan Anda menggunakan layanan dari Bayarind.

Bayarin menjamin keamanan data pengguna dari segala layanannya. Mulai dari e-wallet, aplikasi Point of Sales, sampai payment gateway. Sehingga, tidak hanya fiturnya yang menjadi unggulan, tetapi keamanan pengguna tetap menjadi yang utama, agar tetap membangun kepercayaan konsumen yang kuat. Oleh karena itu, bermitra dengan Bayarind tidak hanya menguntungkan, tetapi aman dan nyaman dalam setiap kegiatan transaksi Anda.

Share :
Tag : Cyber-Security
KEMBALI KE ATAS