10 August, 2022 | E-Money

Tips Supaya Anda Mudah Mencapai Financial Goals

Memiliki tujuan keuangan yang ingin dicapai demi kehidupan yang lebih baik ini merupakan prinsip financial goals. Setiap orang pastinya memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda. Financial goals sendiri bisa berupa dana pendidikan, dana pernikahan, dana masa tua, dana liburan, dana beli rumah dan mobil hingga dana pergi haji.

Banyak orang yang ingin memiliki financial goals tidak hanya satu. Misalnya bagi mereka yang single ingin memiliki dana pernikahan, dana beli mobil dan rumah secara bersamaan. Sementara, bagi mereka yang sudah menikah harus menyiapkan dana pendidikan untuk anak, dana masa tua, dana pergi haji dan sebagainya. Banyak financial goals yang diinginkan ini kerap kali membuat kebingungan.

Membuat pencatatan dan skala prioritas bisa menjadi salah satu solusi dalam mencapai financial goals. Kita harus jelas terhadap kemauan dan kebutuhan diri sendiri mengenai target apa yang ingin dicapai. Jangan sampai saking banyaknya financial goals yang ingin dicapai justru tidak ada yang terwujud. Lantas bagaimana untuk mendapatkannya?

5 Tips untuk Mendapatkan Financial Goals

Terdapat 5 tips yang perlu Anda lakukan dalam mencapai financial goals, ikutilah langkah-langkah berikut agar Anda tidak kebingungan lagi.

1.  Tentukan tujuan secara jelas

Tuliskan tujuan keuangan yang ingin dicapai secara jelas. Apa keinginan financial goals Anda dan tenggat waktu berapa lama yang ingin dicapai. Misalnya, Anda bisa menuliskan dana pendidikan anak sebesar 5 Juta dalam waktu 3 tahun untuk masuk SMA dan beli laptop. Tujuan ini sangat jelas dan terukur, Anda bisa memulainya dengan menabung setiap bulan dengan sekian rupiah.

Baca juga : Mengintip Keuntungan Melakukan Tracking Pengeluaran Bulanan

2.  Skala prioritas

Tentukan skala prioritas yang benar-benar dibutuhkan dan penting dalam financial goals Anda. Setidaknya Anda bisa memiliki 1 tujuan dengan durasi 1 tahun.

3.  Hitunglah biaya

Setelah membuat tujuan financial goals dan menentukan skala prioritas dengan jelas, yang perlu Anda lakukan menghitung besaran biaya. Demi mencapai financial goals yang sudah Anda tentukan tersebut, hitunglah kira-kira berapa banyak biaya yang akan dibutuhkan agar tujuan tersebut tercapai. Cari tahulah segalanya dengan detail.

4.  Atur setiap keuangan dengan baik

Anda memiliki financial goals yang ingin dicapai pada tahun tertentu tetapi, jangan pernah lupakan kebutuhan saat ini. Jangan sampai demi mencapai target financial goals, Anda melupakan segala kebutuhan untuk diri sendiri. Memenuhi kebutuhan diri sendiri seperti sandang (pakaian) dan pangan (makanan) tidak kalah pentingnya.

Dalam memenuhi kebutuhan sandang dan pangan ini, Anda bisa menggunakan uang digital untuk bertransaksi. Gunakan aplikasi Bayarind untuk membeli sandang dan papan karena mudah, menghemat biaya dan waktu. Anda bisa melakukannya pembelian secara online melalui handphone dan melakukan pembayaran hanya sekali klik di Bayarind. Kebutuhan sandang dan pangan terpenuhi, financial goals juga dapat dicapai.

Baca juga : Tips Agar Keuangan Aman saat Traveling

5.  Buat target investasi

Demi tercapainya financial goals yang baik, Anda bisa membuat investasi untuk jangka panjang. Berinvestasilah pada produk investasi yang lebih fleksibel misalnya dengan reksa dana. Anda dapat memulai investasi sedikit demi sedikit pada produk investasi tersebut. Lakukan cara ini dengan konsisten dan lihat perkembangan investasi Anda setiap waktu.

Nah, itu tadi tips untuk mendapatkan financial goals secara mudah, lakukan dengan konsisten dan terarah. Demi mencapai financial goals juga tidak harus melupakan kebutuhan saat ini. Gunakan aplikasi Bayarind untuk bertransaksi membeli dan memenuhi kebutuhan sandang dan pangan Anda. Segera download aplikasi Bayarind di handphone Anda!

Share :
Tag : Financial-Goals tips-financial
KEMBALI KE ATAS