Tips Menggunakan Aplikasi E-Wallet, Wajib Disimak!

16 February, 2022 | E-Wallet Indonesia

Share:

E-wallet saat ini telah menjadi kebutuhan umum bagi setiap orang di era yang serba digital ini. Terutama di kota-kota besar, penggunaan e-wallet sangat marak dan meluas ke berbagai sistem pembayaran yang ada. Mulai dari pembayaran listrik, kuota internet, air, dan berbagai macam pembayaran lainnya seperti belanja online dan tiket pesawat.

Namun, apakah Anda sudah tahu ada hal penting apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan e-wallet? Untuk mendapatkan manfaat optimal, bertransaksi lebih aman dan menyenangkan, yuk langsung simak tips penting menggunakan e-wallet Indonesia berikut ini!

Atur Batasan Saldo dan Jadwal Top Up

Tips pertama yang penting untuk Anda perhatikan ketika menjadi pengguna e-wallet adalah dengan mengatur batas saldo dan jadwal top up. Hal ini sangat krusial untuk menghindari pemborosan atau pengeluaran yang tidak terkendali.

Anda bisa mengatur batasan saldo untuk aplikasi e-wallet Anda. Misalnya, tidak boleh melebihi 200 ribu untuk jangka waktu tertentu. Sehingga, dengan mengatur batasan tersebut Anda secara tidak langsung juga ikut membatasi pengeluaran.

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ketika melihat layanan menarik di merchant tertentu, biasanya membuat Anda ingin membeli produk tersebut. Padahal, sebetulnya Anda tidak sedang terlalu membutuhkan produk tersebut. Dalam hal ini, batasan saldo berperan untuk mengendalikan pengeluaran Anda .

Jangan lupa untuk menentukan juga jadwal top up. Misalnya setiap 2 minggu sekali, atau 1 bulan sekali. Sehingga, secara tidak langsung Anda juga menjadi lebih menahan diri untuk hal-hal yang kurang penting apabila memang melihat jadwal top up ternyata masih lama. Kunci dari tips ini adalah komitmen dan konsistensi.

Hindari Opsi PayLater

Para pengembang aplikasi e-wallet terus berusaha berinovasi untuk memberikan terobosan baru dalam bidang pembayaran digital. Salah satu terobosan baru yang cukup populer di e-wallet Indonesia adalah layanan PayLater.

Layanan ini memungkinkan seseorang untuk melakukan purchase atau pembelian suatu barang dan membayarnya pada lain waktu yang telah disepakati. Opsi PayLater ini biasanya terdapat pada aplikasi belanja online.

Meskipun fitur ini sangat membantu ketika berada di dalam situasi yang mendesak, namun sebisa mungkin Anda harus menghindarinya. Sebab, biaya admin dari PayLater biasanya lebih besar. Belum lagi apabila situs belanja tersebut menerapkan sistem bunga. Maka besaran nominal uang yang harus Anda transfer dikemudian hari tentu akan lebih besar.

Jangan Gunakan Banyak Aplikasi E-Wallet!

Tren penggunaan aplikasi e-wallet sedang ramai-ramainya. Banyak sekali perusahaan startup maupun perusahaan bank yang saling beradu promo dan layanan terbaiknya untuk menawarkan produk e-wallet. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa Anda dapat menggunakan banyak aplikasi e-wallet untuk bisa mendapatkan benefit tersebut.

Justru, akan lebih baik apabila Anda cukup menggunakan satu saja aplikasi e-wallet terbaik pilihan Anda. Dengan bersikap setia terhadap satu e-wallet, Anda jadi lebih mudah untuk mengatur keuangan dan arus pengeluaran. Anda juga tidak perlu repot melakukan top up ke berbagai aplikasi.

Penggunaan satu buah aplikasi e-wallet juga bisa mencegah Anda dari kebiasaan boros. Sebab, sering kali ketika Anda menjumlahkan pengeluaran dari beberapa aplikasi e-wallet, ternyata hasil pengeluaran Anda cukup besar. Kemudian, penggunaan banyak e-wallet juga berarti bahwa Anda membagikan data pribadi ke banyak sumber. Hal ini akan sangat berisiko apabila Anda tidak selalu mengontrolnya.

Nah, daripada merasa bingung e-wallet Indonesia mana yang sebetulnya paling tepat untuk melakukan berbagai macam transaksi, Anda bisa langsung download aplikasi Bayarind. Bayarind menyediakan berbagai macam layanan, salah satunya adalah e-wallet.

Anda bisa mengunduh aplikasi e-wallet Bayarind di Apps Store atau Google Play Store secara gratis!

 

Bagikan Artikel:

Muhammad Ermanja
Muhammad Ermanja adalah seorang penulis yang memiliki passion dalam menulis dan sangat memahami bidang teknologi. Kemampuan penulisannya dalam bidang teknologi didasari oleh pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang perkembangan terkini dalam teknologi.
KEMBALI KE ATAS