Tips Agar Keuangan Aman saat Traveling

29 June, 2022 | E-Money

Share:

Musim liburan sudah dimulai? Ingin liburan kemana nih? Liburan yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari akan terganggu jika Anda gagal menyiapkan keuangan dengan baik.

Sudah banyak kejadian, seseorang gagal traveling hanya karena tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Atau keuangan langsung ludes setelah traveling gara-gara tidak bisa mengatur kebutuhan dengan baik.

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga uang agar aman selama travelling di dalam atau luar negeri.

  1. Informasikan bank tentang perjalanan Anda

Jika memiliki jadwal traveling ke mancanegara tak ada salahnya menghubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu supaya dapat dipakai di luar negeri.  Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan kartu untuk penggunaan di luar negeri ketika sudah kembali dari traveling.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing saat traveling karena keterbatasan akses kartu bank. Setiap bank bahkan juga menyediakan kartu khusus untuk traveling nasabahnya. Jadi, manfaat fitur ini sebaik mungkin.

Baca juga : Cara Mengecek Level Keuangan Anda, Sudah Merdeka

  1. Gunakan juga perlindungan yang ditawarkan pihak tertentu

Punya kartu kredit? Tak ada salahnya menggunakan kartu debit maupun kartu kredit untuk pengganti uang tunai ketika melakukan pembelian barang tertentu di perjalanan Anda.

Dengan adanya kebijakan zero-liability dan juga transaksi yang tercatat rapi, Anda semakin terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah atau terlalu berlebihan.

Tentu akan sangat membantu mengatur keuangan Anda agar tidak boros selama traveling. Menggunakan kartu kredit juga menguntungkan karena biasanya ada banyak potongan yang nasabah dapatkan.

  1. Jangan lupa untuk mengatur kembali daftar pembelian yang Anda lakukan

 Di waktu senggang saat traveling, tak ada salahnya memeriksa kembali catatan transaksi pembayaran secara rutin selama travelling. Gunakan akses transaksi pembayaran via mobile application yang dimiliki bank penerbit kartu Anda ataupun melalui internet browser.

Untuk mengatur daftar pembelian ini, Anda bisa memakai Wi-Fi pribadi. Tidak disarankan pakai WiFi umum karena rawan pencurian data penting tentang informasi pribadi Anda.

Dengan mengatur ulang pembelian saat sedang melakukan aktivitas traveling, seseorang akan terhindar dari pemborosan karena membeli barang yang tidak terlalu penting.

  1. Selalu simpan nomor penting di kontak yang Anda miliki

Saat sedang traveling, selalu simpan nomor telepon yang menurut Anda penting untuk dihubungi. Baik nomor lokal maupun internasional yang mudah untuk dihubungi setiap saat.

Hal tersebut digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dalam perjalanan. Diantaranya melaporkan kasus kehilangan atau pencurian selama traveling. Anda juga bisa menghubungi otoritas tertentu jika kesasar di tempat tujuan traveling.

Baca juga : Bayarind Bisa untuk Bayar Semua Tagihan, Praktis!

  1. Tetap waspada dan hati-hati

Pastikan dalam setiap aktivitas traveling, Anda tetap hati-hati dan waspada. Selalu cek hal-hal di sekeliling jika ada hal yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa ada di mesin ATM.

Jika ingin mengambil uang, jangan lupa menutupi pin-pad dengan tangan ketika ingin memasukkan kode pin ATM atau informasi rahasia lainnya. Ini sebagai antisipasi agar tidak ada kebocoran informasi.

Saat traveling, selalu ramah terhadap masyarakat setempat. Jangan arogan atau malah menyepelekan adat istiadat masyarakat setempat. Ingat, kita ingin liburan bukan malah cari masalah.

Saat traveling, tentunya Anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk memudahkan pembayaran selama perjalanan. Aplikasi terbaik yang banyak direkomendasikan adalah Bayarind.

Aplikasi ini memudahkan Anda dalam memesan kebutuhan selama traveling dari merchant Bayarind terdekat tanpa uang tunai. Anda juga bisa melakukan pembayaran pulsa atau paket data selama perjalanan tanpa harus mencari konter yang berjualan. Dengan begitu, aplikasi e-wallet Bayarind sangat cocok menemani perjalanan dan petualangan kemanapun Anda inginkan.

Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : tips-keuangan traveling budget-traveling
KEMBALI KE ATAS