03 October, 2022 | E-Money

Perencanaan Menabung yang Benar untuk Keuangan Lebih Stabil

Berbincang tentang pengelolaan keuangan, sebenarnya ada cukup banyak cara mengelola keuangan yang bisa dilakukan. Salah satu diantara metode pengelolaan keuangan agar cenderung stabil adalah menabung. Anda tentu sudah mafhum tentang hal ini, bukan?

Tentu, banyak manfaat yang akan didapatkan dari aktivitas menabung. Dengan aktivitas ini, Anda bisa menyimpan uang dengan lebih baik, terutama untuk melakukan coverage pada hal-hal yang terjadi tanpa diduga. Namun, meskipun terkesan mudah, banyak orang yang tidak bisa konsisten dalam menjalankan aktivitas menabung.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang perencanaan menabung agar Anda bisa memiliki keuangan yang lebih stabil. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Cara Menabung yang Tepat Menurut Pakar Keuangan

Seperti yang sudah disinggung di awal, salah satu permasalahan terkait menabung adalah konsistensi. Ada beberapa cara menabung yang tepat menurut para pakar keuangan agar Anda bisa konsisten menabung dan memiliki kondisi keuangan yang lebih baik.

Baca juga: Pentingnya Dana Darurat dan Tips Mengumpulkannya dengan Optimal

Adapun beberapa cara menabung yang dimaksud demi memiliki keuangan yang adalah sebagai berikut:

1.    Mengatur auto debet ke rekening tabungan

Salah satu cara agar Anda bisa dengan konsisten menabung dan memiliki kondisi keuangan yang lebih stabil adalah dengan mengatur auto debet ke rekening tabungan. Dengan cara ini, secara otomatis akan ada pengiriman uang ke rekening tabungan setiap bulannya. Tidak hanya itu, cara ini sangat efektif untuk menjadi solusi jika Anda sering lupa menabung.

Nah, terkait poin ini, setidaknya Anda perlu menyiapkan rekening khusus tabungan. Juga, tetapkan jumlah transfer yang hendak dikirimkan sebagai tabungan.

2.    Mulai menabung dari jumlah yang kecil

Clark Howard, salah satu pakar konsumen, mengatakan bahwa kebiasaan menabung sebaiknya dibentuk dengan memulai menabung dengan jumlah yang kecil dulu. Hal ini cukup masuk akal karena selain tidak semua orang bisa menabung dalam jumlah besar, sebagian orang seringkali merasa berat untuk menyisihkan lebih banyak uang mereka untuk ditabung.

Terkait tabungan, para pakar mengatakan bahwa sebaiknya, besaran dana yang ditabung adalah sekitar 20% dari penghasilan. Namun, jika Anda belum bisa, maka Anda bisa memulainya bahkan dari 5% penghasilan saja.

3.    Mengumpulkan uang receh

Meskipun terdengar sepele, namun mengumpulkan uang receh juga bisa menjadi salah satu strategi menabung yang tepat. Memang, jumlah yang didapatkan dari strategi ini bisa jadi tidak terlalu besar. Hanya saja, tabungan dari uang receh bisa dimanfaatkan untuk membeli beberapa kebutuhan yang nilainya tidak terlalu besar.

4.    Menggunakan dua rekening yang berbeda

Mirip dengan strategi pertama, ada baiknya jika Anda menggunakan dua rekening berbeda untuk mengelola uang. Tentu, salah satu rekening yang digunakan adalah rekening khusus untuk menabung.

Ketika Anda menggunakan dua rekening yang berbeda, maka Anda bisa dengan lebih mudah memisahkan mana dana yang hendak ditabung dan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan strategi ini, keuangan Anda akan cenderung lebih tertata dengan rapi.

Baca juga: Tips Supaya Anda Mudah Mencapai Financial Goals

Beberapa hal di atas bisa menjadi strategi dan perencanaan menabung yang tepat untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dan stabil. Nah, guna menunjang keinginan Anda untuk menabung, Anda bisa menggunakan e-wallet bayarind.id.

Memang, layanan e-wallet ini bukan platform menabung. Namun, dengan menggunakannya, Anda bisa mengatur pos keuangan dengan lebih baik terutama untuk keperluan belanja. Tidak hanya itu, dengan menggunakan bayarind.id, Anda bisa mendapatkan beragam layanan menarik selain kemudahan bertransaksi digital seperti banyaknya promo hingga beragam cashback.

Share :
Tag : Financial-Gaols Financial-Planning Tips-Menabung
KEMBALI KE ATAS