25 July, 2022 | E-Money

Mengapa Harus Dukung Produk Lokal Indonesia

Mendukung produk lokal menjadi salah satu cara untuk bisa membangun negeri. Hal ini tentu dikarenakan produk lokal diproduksi oleh masyarakat kita sendiri. Sehingga, patut didukung supaya geliat ekonomi Indonesia bisa semakin tinggi.

Terdapat beberapa alasan mengapa kita harus mendukung produk lokal Indonesia. Tentunya, produk lokal tetap akan terlihat berkualitas dan keren. Apalagi, saat ini membeli produk lokal bisa sangat mudah dengan sosial media.

Tidak sedikit juga produk lokal sudah mulai melebarkan sayapnya di pasar luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa produk dari Indonesia tidak kalah menarik dan berkualitas dari produk asing.

Berikut ini adalah alasan mengapa harus dukung produk lokal Indonesia.

1. Produk yang Eksklusif

Berbeda dengan produk asing pada umumnya, produk lokal terdapat yang condong diproduksi dalam jumlah yang tidak banyak. Misalnya, pakaian distro atau karya desainer lokal. Hal tersebut tentu yang menjadikan tingkat duplikasi atau pemalsuan produk lokal sulit ditemui.

Produk yang lebih eksklusif pastinya akan Anda rasakan saat memakai produk lokal. Tidak hanya karena stoknya yang sedikit, karya seni yang ditunjukkan produk lokal kerap lebih artistik dan menyimpan banyak keberagaman Indonesia.

Baca juga : Pakai E-Wallet Bayarind, Apakah Transaksi Aman?

2. Mengapresiasi Karya Anak Bangsa

Segala bentuk karya anak bangsa memang patut untuk diberi apresiasi, tak terkecuali produk yang diproduksi anak Indonesia. Dengan membeli dan mendukung produk lokal, Anda telah ikut serta dalam memberikan apresiasi pada produk buatan dalam negeri.

Disokong dengan pemberdayaan yang banyak, pastinya jadi sebuah motivasi khusus terhadap para pelaku usaha agar bisa terus berkarya untuk memajukan produk lokal dalam negeri.

Oleh sebab itu penting untuk kita guna terus mendukung dengan memakai produk lokal buatan Indonesia. Nama orang Indonesia pun secara tidak langsung bisa semakin melambung.

3. Meningkatkan Penghasilan Negara

Tidak hanya bermanfaat untuk diri pribadi, mendukung produk lokal buatan Indonesia pun menjadi salah satu cara untuk membantu meningkatkan penghasilan negara.

Semakin banyak permintaan terhadap produk lokal Indonesia, semakin banyak pula potensi peningkatan pendapatan negara yang akan didapat.

Peningkatan tersebut tentu akan menguntungkan Indonesia, nantinya skala usaha dalam negeri bisa selalu bertambah dikarenakan adanya modal dari pendapatan itu.

Tidak hanya itu, akan tetapi kita pun punya peran dalam memberikan kesejahteraan terhadap orang-orang di belakangnya, mulai dari para buruh, jasa pengiriman, dan lain-lain.

4. Ekspor Produk Lokal yang Berkembang

Dengan meningkatnya dukungan terhadap produk lokal Indonesia, disusul juga dengan kualitas produk yang semakin bagus. Dengan begitu, produk lokal bisa memunculkan daya tarik kepada masyarakat dalam negeri sampai luar negeri guna berbelanja produk lokal anak Indonesia.

Menurut kabar yang tersebar di media massa, pada tahun 2020, Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung melaksanakan ekspor dengan mengirim tujuh produk lokal dari sejumlah UMKM ke Selandia Baru.

Disdagin Kota Bandung pun sudah membuat perjanjian ekspor ke Australia hingga Afrika Barat. Pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat guna memajukan produk lokal tanah air supaya bisa  mendapatkan kepercayaan dari negara lain.

Baca : Uang Digital di Indonesia Bisa Disimpan di Bayarind Lho !

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa kita harus mendukung produk lokal. Apalagi dengan banyaknya produk lokal berkualitas dan original, sudah sepatutnya kita lebih bangga menggunakan produk dalam negeri ketimbang produk asing.

Selain harganya yang relatif lebih murah, originalitas dan eksklusifitasnya tentu tentu bisa menyaingi produk mewah yang sering dipuja di sosial media.

Produk Lokal Terbaik hanya di E-Wallet Bayarind

Di e-wallet Bayarind, Anda akan menemukan berbagai macam toko yang menjual produk lokal Indonesia dengan kualitas terbaik. Mulai dari produk makanan, minuman, produk kecantikan, buku, fashion, handphone, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi Bayarind e-wallet, artinya, Anda turut mendukung UMKM lokal untuk bisa berkembang dan memajukan ekonomi Indonesia. Yuk, segera download Bayarind di Play Store atau App Store sekarang juga!

Share :
Tag : e-wallet-bayaarind e-wallet produk-indonesia cinta-produk-indonesia produk-lokal bannga-buatan-indonesia
KEMBALI KE ATAS