Catat 3 Cara Pilih Aplikasi Pembayaran Digital Indonesia

16 February, 2022 | E-Money

Share:

Transaksi dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital di Indonesia sedang menjadi tren yang marak terjadi di hampir setiap kota dan kabupaten. Bukan sekedar tren, namun hal ini telah menjadi suatu aktivitas yang menyatu dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.


Bagaimana tidak, misalnya saja saat akhir tahun atau menjelang hari raya, hampir semua orang berbondong-bondong menyerbu promo dari e-commerce kesayangannya. Dalam membayar produk promo tersebut, berbagai aplikasi pembayaran digital digunakan dengan sangat masif. 


Namun, sebetulnya dari berbagai aplikasi pembayaran digital yang ada, aplikasi seperti apa yang baik untuk digunakan? Yuk, simak ulasan tentang 3 tips jitu memilih aplikasi pembayaran digital Indonesia berikut ini!


1. Pilih Aplikasi yang Telah Mendapat Izin Dari BI


Aplikasi pembayaran digital tentu sangat mudah untuk ditemukan dimana-mana. Masing-masing dari aplikasi tersebut juga memiliki promo dan diskon unggulannya. Namun, sebelum terjerat dengan rayuan diskon yang ditawarkan, ada hal lain yang lebih penting untuk dipertimbangkan ketika Anda ingin memakai aplikasi untuk transaksi digital.

Hal ini adalah berkaitan dengan segi keamanan dan kredibilitas dari aplikasi tersebut. Maka, sebaiknya Anda memilih aplikasi pembayaran digital yang sudah mendapatkan izin langsung dari BI (Bank Indonesia). 


Dengan memiliki izin beroperasi dari BI, maka aplikasi tersebut secara legal sudah dapat dipastikan keamanan operasionalnya. Sehingga segala data yang dimasukkan ke dalam aplikasi, riwayat transaksi, dan jumlah dana semuanya akan menjadi privasi Anda. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya kasus pelanggaran keamanan dan penyalahgunaan data di era yang serba digital seperti saat ini. 


Di samping itu, aplikasi yang telah mendapat izin dari otoritas juga sudah dipastikan aman bagi ‘kesehatan’ perangkat Anda. Maksudnya adalah bahwa aplikasi tersebut tidak akan membawa virus yang membahayakan perangkat seluler dan segala data di dalamnya. 


2. Pilih Aplikasi yang Mudah Di-Top Up


Hal berikutnya yang penting untuk Anda pertimbangkan ketika memilih aplikasi pembayaran digital adalah dengan mengetahui sistem top up aplikasi tersebut. Pastikan bahwa Anda memilih aplikasi yang mudah untuk diisi ulang saldonya. Ini sangat penting terutama jika Anda berkunjung ke kota atau negara baru. 


Di samping kemudahan top up, Anda juga perlu untuk mengetahui ketentuan lainnya terkait top up saldo aplikasi pembayaran digital tersebut. Seperti limit terendah dan limit tertinggi, satuan top up apakah harus dalam bentuk genap atau boleh random, serta cara top up-nya (apakah bisa dari uang tunai, hanya transfer bank, atau bisa dari merchant).


3. Memiliki Fitur yang Lengkap dan Bebas Biaya


Pertimbangan berikutnya ketika memilih aplikasi untuk pembayaran digital adalah terkait fitur dan layanan dalam aplikasi tersebut. Pastikan bahwa aplikasi itu memiliki fitur lengkap sehingga Anda tidak perlu mengunduh banyak aplikasi dalam perangkat telepon untuk meng-cover berbagai macam kebutuhan.


Akan lebih baik lagi apabila Anda bisa menemukan aplikasi pembayaran digital yang bebas biaya admin ataupun biaya operasional. Sehingga transaksi jadi lebih menyenangkan.

Ingin menggunakan aplikasi dengan fitur lengkap dan bebas biaya mungkin sekilas terdengar agak berlebihan dan mustahil. Namun, sebetulnya Anda bisa menemukan aplikasi dengan kriteria tersebut. Coba kunjungi alamat https://bayarind.id,  ini adalah website resmi dari aplikasi Bayarind.


Di dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur lengkap untuk berbagai kebutuhan Anda. Soal biaya, Anda juga tidak perlu khawatir karena aplikasi ini membebaskan biaya admin. Silakan langsung coba aplikasi pembayaran digital dari Bayarind sekarang juga!


Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : Aplikasi-Pembayaran-Digital-Indonesia Aplikasi-Pembayaran-Digital
KEMBALI KE ATAS