04 June, 2022 | E-Wallet

Cara Mengecek Level Keuangan Anda, Sudah Merdeka

Apakah Anda sudah mencapai kemerdekaan finansial? Jika sudah, seberapa merdeka keuangan yang Anda miliki? Robert Kiyosaki yang merupakan ahli keuangan menyebut bahwa merdeka finansial bukan sekedar punya harta melimpah yang tidak habis sampai tujuh turunan.

Namun lebih ke nilai kebebasan seseorang untuk melakukan berbagai hal tanpa perlu takut cash flow pada keuangannya. Agar tahu seberapa merdeka keuangan Anda, di artikel ini akan membahas mengenai beberapa level keuangan.

Jadi, Anda cukup mengecek saja dengan kondisi keuangan masing-masing. Tanpa pikir panjang, berikut adalah cara mudah mengecek level keuangan seseorang :

Level 1: Ketidakstabilan Finansial

Bagi yang masih berada di level 1, biasanya sering terjadi kesulitan untuk membayar cicilan ataupun utang. Di level ini, perjalanan menuju kemerdekaan finansial masih sangat panjang. Namun tidak usah berkecil hati.

Membayar utang dan cicilan adalah langkah penting supaya Anda bisa cepat merdeka secara finansial! Tahap pertama, mengecek ulang arus keuangan/cash flow masing-masing. Lihat, apakah ada pengeluaran berlebihan yang membuat Anda harus berhutang.

Sebisa mungkin, coba untuk memangkas biaya yang sifatnya tidak terlalu penting. Kemudian, mulai coba beberapa penghasilan tambahan. Di antaranya seperti bisnis online ataupun mencari pekerjaan sampingan.

Baca juga : E-wallet Indonesia yang Multifungsi : Bayarind

Level 2: Stabilitas dan Kecukupan Finansial

Di level ini, penghasilan sudah lumayan stabil untuk mencukupi segala kebutuhan hidup serta membayar tagihan ataupun utang. Bahkan di level ini, seseorang sudah mengalokasikan budget untuk tabungan utama atau dana darurat.

Penting sekali untuk menyiapkan dana darurat karena sebagai langkah antisipasi seseorang apabila mengalami hal tak terduga. Contohnya kehilangan pekerjaan atau sakit parah. 

Biasanya banyak yang memakai metode 50 : 30 : 20 agar keuangan bisa lebih stabil. Di level ini, beberapa orang juga sudah mulai berinvestasi.

Level 3: Finansial Bebas Utang (Debt Freedom)

Selamat! Anda sudah masuk level 3. Di level ini, seseorang sudah bebas dari hutang konsumtif. Biasanya sudah mempunyai tabungan, dan siap untuk masuk ke dunia investasi supaya mendapat penghasilan pasif tambahan.

Agar lebih efektif, tak ada salahnya membuat catatan khusus yang berisi tujuan finansial dan berapa lama untuk mengumpulkan dana tersebut. Jangan lupa untuk mempelajari jenis-jenis investasi, modal dan profil risiko yang nanti akan dihadapi.

Level 4: Keamanan Finansial (Financial Security)

Di tahap ini, investasi yang Anda miliki seharusnya cukup untuk membayar segala kebutuhan pokok tanpa was-was dengan penghasilan bulanan rutin. Bagi yang sudah masuk ke level ini, biasanya sudah bisa mengontrol sendiri pilihan serta kondisi keuangan sesuai keinginan.

Di level ini, Anda punya kebebasan pilihan untuk tidak bekerja sepanjang hari dan memilih waktu tersebut untuk menikmati hidup. Kendati demikian, jangan malah kebablasan hingga lupa mengelola uang.

Setiap saat lakukan review portofolio keuangan secara berkala agar tahu kondisi finansial Anda. Pastikan finansial selalu prima tanpa ada pemborosan yang berlebihan.

Baca juga : Atasi ATM Terblokir dengan Mudah, Ini Triknya!

Level 5: Kebebasan Finansial (Financial Independence)

Ini adalah level tertinggi dari tingkatan keuangan seseorang. Di level ini, Anda punya kebebasan untuk melakukan berbagai hal tanpa perlu memikirkan pekerjaan ataupun biaya sehari-hari.

Uang dari investasi yang sudah dilakukan sebelumnya telah menutupi biaya hidup di atas rata-rata. Bahkan di level ini, seseorang lebih memilih pensiun dini dengan gaya hidup standar uang mereka inginkan.

Agar financial independence yang Anda dambakan segera tercapai, gunakan aplikasi e-wallet Bayarind. Aplikasi akan membantu penggunanya untuk mengatur keuangan dengan baik. Sebab, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan terencana. Selain itu, Anda bisa lebih mudah memperkirakan pengeluaran karena terdapat history pada aplikasi terkait transaksi yang sudah Anda lakukan.

Share :
Tag : financial financial-freedom cara-cek-financial
KEMBALI KE ATAS