Cara Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial untuk Capai Financial Goals

07 October, 2022 | E-Money

Share:

Bagi generasi milenial, mengatur keuangan untuk mencapai financial goals merupakan sebuah tantangan yang bisa dikatakan tidak sederhana. Seperti yang diketahui, lifestyle sosialita yang konsumtif menjadi salah satu kebiasaan para milenial. Mereka cenderung lebih sering nongkrong dan menghabiskan uang untuk hal tersier serta kesulitan untuk menabung.

Kondisi di atas tentu harus segera ditanggulangi, terutama untuk Anda yang menyadari bahwa pengelolaan keuangan sedari dini adalah hal yang penting demi kenyamanan hidup di masa yang akan datang. Terlebih, seiring berjalannya waktu, harga dari kebutuhan pokok cenderung meningkat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara mengatur keuangan bagi generasi milenial untuk bisa mencapai financial goals. Apa saja cara yang bisa diaplikasikan? Cek ulasan selengkapnya!

Baca juga : Sistem Pembayaran Digital Bayarind, Bagaimana Cara Gabungnya?

Tips Mengatur Keuangan Milenial Untuk Mencapai Financial Goals

Bisa jadi, kesulitan generasi milenial untuk mengatur keuangan dikarenakan mereka tidak mengetahui bagaimana tips mengelola keuangan yang tepat dan sebenarnya mudah dilakukan.

Ada beberapa tips yang bisa menjadi petunjuk untuk mengatur keuangan dengan baik dan mencapai financial goals adalah sebagai berikut:

1. Membuat pos pengeluaran bulanan

Untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, maka Anda harus tahu berapa kebutuhan Anda setiap bulannya. Oleh karenanya, saat hendak mengatur keuangan dengan lebih serius, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat pos pengeluaran bulanan atau minimal mengatur setiap pengeluaran yang dilakukan.

Tips ini terdengar cukup sepele, tetapi seringkali seseorang tidak bisa melakukannya secara konsisten. Oleh karenanya, Anda harus memupuk niat dan kemauan yang kuat untuk menerapkan cara ini. Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang banyak tersedia untuk membantu membuat pos pengeluaran.

2. Memisahkan uang sesuai kebutuhan

Tips selanjutnya yang penting dilakukan untuk mengatur keuangan dan mencapai financial goals adalah dengan memisahkan uang sesuai kebutuhan. Terkait poin ini, ada baiknya jika Anda memiliki dua rekening yang berbeda.

Gunakan satu rekening untuk menyimpan uang guna mencukupi kebutuhan dan rekening lainnya untuk menabung. Nah, dengan strategi ini, uang tabungan dan kebutuhan tidak akan tercampur. Tentu saja, Anda pun akan memiliki pengelolaan uang yang cenderung lebih baik.

3. Menentukan goals dari pengaturan keuangan

Selain memisahkan uang sesuai kebutuhan dan juga mengatur pos pengeluaran, Anda juga perlu menentukan tujuan dari pengaturan keuangan tersebut. Pasalnya, tujuan yang ditentukan tersebut bisa menjadi pemicu agar Anda lebih bersemangat untuk mengatur keuangan dengan lebih baik.

Terkait tujuan ini, Anda sebenarnya memiliki kebebasan untuk menentukannya, seperti tujuan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Hanya saja, tentu, Anda harus mengelola tujuan tersebut dengan baik dan hindari menjadikan terlalu banyak hal sebagai tujuan.

4. Memanfaatkan promo saat transaksi

Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan promo ketika melakukan transaksi. Poin ini bisa menjadi tambahan strategi untuk mengatur keuangan dengan baik demi mencapai tujuan keuangan.

Bisa dikatakan, opsi ini merupakan strategi kekinian seiring banyaknya platform transaksi digital. Nah, dengan memanfaatkan promo dan juga cashback, Anda bisa menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana lain untuk tabungan.

Beberapa hal di atas bisa menjadi tips mendasar yang Anda lakukan untuk mengatur keuangan dengan lebih mudah dan efektif. Untuk menunjang upaya Anda mengatur keuangan, Anda bisa menggunakan e-wallet bayarind.id.

Ya, layanan bayarind.id bukan hanya akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi secara digital, tetapi juga mengatur pos keuangan serta memberikan banyak promo dan cashback yang menarik. Unduh dan rasakan manfaatnya!

Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : Cara-Mengatur-Keuangan Generasi-Milenial Financial-Goals
KEMBALI KE ATAS