22 September, 2022 | E-Money

Begini Cara Menaikkan Pendapatan untuk Karyawan

Pendapatan karyawan terkadang tidak pernah mampu untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, banyak karyawan yang mencari cara menaikkan pendapatan dengan tujuan menggapai hidup yang lebih layak.

Memang, kekayaan bukan hal yang menunjang kebahagiaan seseorang. Akan tetapi, pada kenyataannya ekonomi semakin memaksa karyawan menjadikan uang sebagai hal yang sangat penting untuk kehidupan.

Gaji bulanan karyawan pun biasanya terlalu banyak dihabiskan dalam memenuhi kebutuhan. Sementara untuk hal lain, seperti liburan, menabung, dan investasi menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tidak sedikit yang menghabiskan gaji untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti yang dilakukan generasi sandwich.

Cara Menaikkan Pendapatan Untuk Karyawan

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan para karyawan untuk menaikkan pendapatan mereka. Dengan begitu, Anda yang menjadi karyawan pun tetap bisa mendapatkan kehidupan yang seimbang antara kebutuhan dan keinginan. Meskipun memang terkesan sulit, tetapi ketika dilakukan tentu akan membantu kehidupan menjadi lebih bahagia. Berikut penjelasannya.

1.   Atur Gaji Dengan Skema Tertentu

Anda bisa menggunakan beberapa skema dalam pengaturan gaji sehingga bisa menaikkan pendapatan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyisihkan keuangan untuk investasi tidak lebih dari 50 persen dari gaji yang diperoleh.

Selain itu, Anda pun harus memilih investasi yang hemat pajak, berisiko rendah, dengan hasil yang memuaskan. Sisanya, barulah Anda alokasikan untuk kebutuhan, tabungan, hiburan, dan lain-lain.

Baca juga : Catat 3 Cara Pilih Aplikasi Pembayaran Digital Indonesia

2.   Hindari Cicilan dan Utang

Karyawan memang dirasa mustahil untuk membeli rumah dengan uang tunai. Maka, mereka terkadang memilih untuk menyicil rumah. Akan tetapi, cicilan bukan hal yang salah sebenarnya, namun tetap harus diseimbangkan.

Dengan kata lain, Anda harus menghitung besaran cicilan dari total gaji yang Anda dapat setiap bulan. Pastikan Anda tidak memiliki banyak cicilan atau utang, jangan sampai hutang Anda melebihi sepertiga dari total penghasilan keseluruhan.

3.   Berwirausaha

Wirausaha menjadi salah satu cara terbaik bagi karyawan untuk menaikkan pendapatan. Meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan, wirausaha bisa tetap dilakukan di saat-saat tertentu. Anda bisa membuat bisnis kue dengan sistem Pre-Order (PO) dan melakukan pengiriman di hari libur kerja.

Dengan begitu, karyawan pun tetap akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar dari pekerjaan. Akan tetapi, Anda harus memilih bisnis yang cocok dan tidak membebani keuangan Anda sehari-hari.

4.   Melatih Kemampuan

Melatih kemampuan ternyata merupakan cara yang tepat untuk menaikkan pendapatan karyawan. Sebab, ketika karyawan memiliki kemampuan yang baik dan bisa menjadi ahli dalam beberapa hal, potensi untuk naik gaji dan mendapatkan jabatan tinggi bukanlah mustahil.

Anda bisa berinvestasi dengan mengikuti kursus tertentu atau pelatihan yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Semakin Anda berkembang, tentunya nilai Anda pun semakin tinggi di hadapan perusahaan.

Baca juga : Cara Mengecek Level Keuangan Anda, Sudah Merdeka

5.   Kelola Pengeluaran

Anda harus memaksa diri dalam mengelola pengeluaran. Terlebih di era yang serba hype seperti sekarang ini gaya hidup semakin mewah menjadi acuan. Anda bisa memanfaatkan e-Wallet Bayarind untuk melihat catatan pengeluaran Anda sehari-hari. Apalagi, Bayarind memungkinkan Anda memasang Kartu Kredit dan Debit sehingga bisa tercatat setiap pengeluaran dan pemasukannya.

Selain itu, e-Wallet Bayarind bisa mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan transaksi. Seperti membayar listrik, tagihan telepon, sampai pulsa dan data. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengalokasikan anggaran Anda tanpa khawatir kehilangan uang lebih banyak.

Demikianlah beberapa cara agar karyawan bisa menaikkan pendapatan. Pastikan Bayarind menjadi teman Anda dalam mengelola keuangan dan bertransaksi. Semoga bermanfaat.

Share :
Tag : pendapatan-karyawan gaji perusahaan
KEMBALI KE ATAS