5 Tips Transaksi dengan Kartu Debit Agar Lebih Aman

01 November, 2022 | Sistem Pembayaran Digital

Share:

Kartu debit menjadi salah satu sarana pembayaran cashless yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hadirnya kartu ini memang cukup efektif untuk meningkatkan efisiensi transaksi. Pasalnya, dengan kartu kredit, seseorang tidak perlu repot membawa banyak uang tunai saat berbelanja kebutuhan mereka.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, kartu debit bisa digunakan untuk bertransaksi dengan sangat mudah. Pasalnya, pengguna hanya tinggal menggesek kartu ke mesin EDC dan nanti mesin akan memproses tahapan transaksi selanjutnya.

Nah, berbincang tentang transaksi menggunakan kartu debit, ada beberapa tips transaksi yang perlu diketahui untuk meningkatkan keamanan. Penasaran apa saja tips yang dimaksud? Simak ulasannya!

Ragam Tips Transaksi Dengan Kartu Debit Saat Transaksi Online

Seperti yang disinggung sebelumnya, kartu debit menjadi salah satu platform pembayaran cashless yang cukup populer saat ini. Tidak hanya itu, banyak masyarakat yang sudah memiliki kartu debit sehingga penggunaan kartu debit untuk transaksi pun semakin menjamur.

Hanya saja, demi keamanan transaksi yang lebih terjamin, terutama saat bertransaksi online, ada beberapa tips menggunakan kartu debit. Beberapa tips yang dimaksud adalah:

1.      Menggunakan jaringan privat

Apabila Anda ingin bertransaksi online menggunakan kartu debit, ada baiknya jika Anda menggunakan jaringan privat pada device yang digunakan dan menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi yang merupakan jaringan publik. Hal ini sebagai langkah antisipasi apabila ada pencurian data perbankan yang dilakukan.

Selain itu, hindari melakukan transaksi online dengan menggunakan komputer publik. Apabila telanjur menggunakannya, hapus data dan password yang tersimpan dalam device tersebut.

2.      Memastikan kartu debit menggunakan sistem 3D secure

Ketika hendak menggunakan produk kartu debit, ada baiknya jika Anda memastikan jenis kartu debit yang Anda gunakan sudah memiliki sistem 3D secure. Teknologi sistem ini adalah inovasi modern yang berfungsi untuk memberikan perlindungan keamanan yang lebih baik.

Umumnya, teknologi ini diterbitkan oleh MasterCard dan Visa. Nantinya, teknologi ini akan memastikan semua transaksi yang dilakukan benar-benar diotoritasi oleh pemilik yang asli.

3.      Tidak membagikan kode OTP

Anda tentu sudah familiar dengan kode OTP, bukan?

Ya, kode OTP atau One Time Password adalah kode sekali pakai yang digunakan untuk melakukan verifikasi transaksi. Untuk menjaga keamanan penggunaan kartu debit saat transaksi online, hindari membagikan kode OTP ini ke orang lain. Pasalnya, kode OTP kerap dijadikan alat bagi para penjahat untuk melakukan pembobolan rekening digital.

4.      Berbelanja di tempat yang terpercaya

Berbelanja dan melakukan transaksi dengan kartu debit di tempat yang terpercaya juga menjadi salah satu tips penting agar transaksi yang dilakukan cenderung aman. Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak kasus penipuan dalam transaksi online yang terjadi karena pembeli tidak waspada ketika memilih penjual yang menyediakan barang yang diinginkan.

5.      Memisah rekening

Satu lagi tips aman menggunakan kartu debit untuk bertransaksi adalah dengan memisahkan rekening. Ini adalah strategi yang bisa dilakukan untuk mengelola dana dengan lebih baik.

Nah, dengan memisah rekening, tentu Anda bisa menyimpan tabungan dengan lebih aman. Tidak hanya itu, Anda pun nantinya akan terhindar dari risiko belanja yang berlebihan.

Beberapa poin di atas adalah tips mudah untuk bertransaksi yang aman dengan menggunakan kartu debit. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menyimpan kartu debit di e-wallet Bayarind. Dengan tips ini, bukan hanya data kartu kredit yang lebih aman, Anda pun bisa bertransaksi dengan lebih cepat dan terperinci. Kunjungi laman bayarind.id untuk informasi selengkapnya!

Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : kartu-kredit kartu-debit tips-transaksi

BERITA LAINNYA

KEMBALI KE ATAS