Kenali Pelanggan Lebih Dekat dan Eksekusi Strategi Pemasaran yang Tepat dengan Customer Data Platform

Apa itu Customer Data Platform?

Penting bagi bisnis untuk menyediakan produk atau layanan sesuai dengan preferensi pelanggan. Namun, banyaknya pelanggan dengan perilaku dan preferensi yang berbeda terkadang membuat bisnis kesulitan dalam mengelola dan memahami mereka secara efektif.

Di sinilah, Customer Data Platform (CDP) dapat berperan penting. CDP atau Customer Data Platform adalah alat untuk menggabungkan data-data pelanggan dari berbagai sumber/touch point yang dimiliki bisnis dan mengolahnya menjadi satu profil pelanggan yang terintegrasi dan disimpan dalam satu sistem.

Dengan ini, bisnis bisa mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai pelanggan dan menentukan strategi terbaik dalam hal pemasaran atau memberikan pengalaman pelanggan yang lebih terpersonalisasi. Mari cari tahu lebih banyak mengenai manfaat, fitur-fitur dan cara kerja Customer Data Platform (CDP) pada artikel ini.

Apa Saja Jenis Customer Data Platform (CDP)?

Setiap bisnis tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terkait jenis-jenis data pelanggan. Namun pada umumnya, ada 4 (empat) jenis CDP dengan fungsinya masing-masing yang dapat digunakan bisnis sesuai kebutuhan.

Data CDP

Data CDP adalah jenis CDP paling dasar dari keempat jenis CDP yang ada. Data CDP mengumpulkan data-data pelanggan dari berbagai touch point pelanggan seperti website, media sosial, email, CRM, aplikasi seluler, dan lain-lain, ke dalam satu platform.

Analytics CDP

Analytics CDP berguna untuk menganalisis dan segmentasi data pelanggan secara detail. Wawasan yang didapatkan dari hasil analisis CDP ini nantinya dapat digunakan oleh bisnis untuk menjalankan strategi pemasaran yang lebih terarah.

Campaign CDP

CDP jenis ini hadir untuk mendukung kampanye pemasaran bisnis. Campaign CDP dapat dimanfaatkan untuk melakukan segmentasi pelanggan, personalisasi materi pemasaran ke segmen pelanggan tertentu, dan menganalisis kampanye pemasaran yang sedang berjalan.

Delivery CDP

Delivery CDP adalah jenis CDP dengan fitur-fitur untuk mendukung pengiriman data pelanggan yang telah diolah. Fitur-fitur pendukung ini dapat berupa fitur pengiriman pesan, atau integrasi CDP ke sistem internal bisnis maupun aplikasi eksternal seperti CRM.

Apa Saja Manfaat Customer Data Platform (CDP)?

CDP memiliki manfaat utama untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data-data pelanggan yang dimiliki bisnis ke dalam satu platform. Selain manfaat utama ini, CDP juga memiliki beberapa manfaat lain yang dapat menguntungkan bisnis sebagai berikut.

Mengenal Pelanggan Lebih Baik

Sesuai dengan fungsi utamanya, CDP dapat membantu bisnis mengenal pelanggan lebih baik. CDP bekerja dengan mengumpulkan data pelanggan dalam satu platform, menganalisis perilaku dan preferensi pelanggan, dan segmentasi yang akurat supaya bisnis mendapatkan profil komprehensif dari pelanggan-pelanggan yang ada. 

Mengelola Data Jadi Efisien

Sering mengeluhkan terbuangnya banyak waktu dan tenaga untuk mengelola berbagai data pelanggan dari berbagai touch point? Minimalisir kendala ini dengan CDP. CDP dapat mengumpulkan dan menganalisis data-data dari berbagai pelanggan ke dalam satu platform sehingga memungkinkan Anda mengelola data pelanggan secara lebih efisien.

Meningkatkan Personalisasi Pemasaran

Dengan analisis data pelanggan dari CDP, bisnis akan lebih mudah memahami segmentasi masing-masing pelanggan. Data segmentasi ini kemudian dapat Anda manfaatkan untuk merencanakan strategi pemasaran yang lebih relevan, serta membuat pesan-pesan yang lebih personal kepada setiap segmen pelanggan.

Meningkatkan Penjualan dan ROI Marketing

Peningkatan penjualan dapat dicapai dengan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu kunci pemasaran yang efektif adalah personalisasi yang dapat dicapai melalui penggunaan data dan analisis pelanggan dari CDP. Efektivitas dari pemasaran yang lebih personal secara paralel juga dapat meningkatkan ROI marketing bisnis secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Kerja Customer Data Platform (CDP)?

CDP bekerja melalui beberapa tahapan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data pelanggan agar dapat diakses dengan mudah oleh bisnis. Berikut adalah beberapa tahapan utama dalam CDP untuk memproses data pelanggan.

Pengumpulan Data

Di tahap pertama, CDP akan mengumpulkan data pelanggan seperti riwayat pembelian, interaksi, preferensi, dan demografi dari berbagai touch point. Touch point ini bisa dari website, media sosial, email, CRM, aplikasi seluler, dan saluran lain yang dimiliki bisnis.

Pembersihan Data

Setelah mengumpulkan data-data dari berbagai touch point, CDP akan melakukan pembersihan dan normalisasi data. Pembersihan ini dijalankan agar tidak ada duplikasi data dan kesalahan-kesalahan lain guna memberikan informasi pelanggan yang akurat. 

Analisis Data dan Insights Generation

Data yang sudah dibersihkan selanjutnya akan dianalisis oleh CDP supaya dapat dilakukan segmentasi pelanggan. Segmentasi ini berarti CDP akan mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik, perilaku, atau preferensi yang serupa.

Segmentasi dari CDP kemudian dapat dijadikan referensi oleh bisnis untuk memahami lebih baik kebutuhan dan preferensi pelanggan. Selain itu, segmentasi ini juga berguna dalam menentukan strategi pemasaran yang relevan kepada setiap segmen pelanggan. 

Aktivasi Data

Data segmentasi dan wawasan yang didapatkan dari analisis CDP kemudian dapat disimpan dalam satu platform yang nantinya dapat diakses dan dimanfaatkan oleh berbagai departemen dalam bisnis. 

Departemen-departemen dalam bisnis seperti pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan dapat memanfaatkan platform ini untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan menyusun berbagai strategi yang lebih efektif.

Split Image

Kesimpulan

Demikian adalah rangkuman dan penjelasan mengenai Customer Data Platform (CDP). Singkatnya, CDP adalah sarana yang dapat digunakan bisnis untuk pembuatan profil pelanggan dan mengintegrasikan profil tersebut dalam satu sistem yang nantinya bisa diakses oleh seluruh unit bisnis.

Profil dan data pelanggan yang dianalisis oleh CDP nantinya dapat digunakan bisnis untuk menyusun strategi bisnis secara lebih efektif, menciptakan pengalaman pelanggan yang terpersonalisasi, pelayanan pelanggan yang unggul, dan pada akhirnya menciptakan loyalitas pelanggan.

Sprint Asia berkolaborasi dengan Resulticks menyediakan aplikasi CDP terbaik sebagai solusi untuk bisnis Anda. CDP Sprint Asia dan Resulticks menghadirkan fitur-fitur untuk mengumpulkan data pelanggan, menganalisis perilaku mereka, dan fitur pengiriman pesan yang dipersonalisasi sesuai data pelanggan yang didapat.
Segera konsultasikan kebutuhan kamu dengan tim Sprint Asia sekarang untuk mewujudkan strategi bisnis terbaik kepada pelanggan. Konsultasi gratis dan hubungi kami melalui sbd@sprintasia.co.id sekarang!

Author: markom-bayarind