Mengintip Keuntungan Melakukan Tracking Pengeluaran Bulanan

21 July, 2022 | E-Money

Share:

Salah satu hal penting yang harus dilakukan saat mengelola keuangan adalah melakukan tracking pengeluaran bulanan. Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui kondisi finansial dengan baik.

Masyarakat Indonesia belum terbiasa melakukan pencatatan pengeluaran bulanan. Padahal, dampaknya cukup buruk untuk kondisi finansial. Seperti terjebak hutang hingga stress sehingga produktivitas bisa menurun.

Maka dari itu, tracking pengeluaran bulanan sangat penting. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Di antara keuntungan tersebut adalah :

1.     Bisa Tahu Pola Pengeluaran Bulanan

Agar dapat mengatur anggaran, maka Anda harus tahu besarnya pengeluaran setiap bulan. Untuk itu, tracking pengeluaran berfungsi untuk menyiapkan budget yang sesuai kebutuhan. Anda juga bisa tahu berapa besar uang yang bisa masuk ke pos saving dan dana darurat. Sehingga, saat ada keperluan mendadak, maka Anda sudah siap dengan hal tersebut.

Baca juga : Metode Pembayaran E-wallet Bayarind Terbaru, Paprika!

2.     Kemungkinan Berutang Lebih Kecil

Dengan mengetahui pola pengeluaran setiap bulan melalui tracking pengeluaran, Anda akan terhindar dari kegiatan utang piutang. Banyak orang yang memiliki kondisi keuangan yang buruk yang terlibat pada pinjaman online karena belum paham dengan pola pengeluarannya.

Apabila Anda ada pada kondisi keuangan seperti ini, sebaiknya lepaskan diri dengan metode tracking dan budgeting. Jika sudah terbiasa melakukan hal ini, maka Anda akan paham betul-betul pola pengeluaran yang ada. Dengan begitu, Anda pun bisa mempersiapkan dana dalam mencicil utang yang Anda miliki.

3.     Bisa Mengidentifikasi Masalah Keuangan yang Anda Miliki

Dengan tracking pengeluaran, maka Anda bisa mengetahui aliran keuangan yang keluar. Sehingga, Anda pun bisa tahu kebiasaan keuangan yang ada serta bisa melakukan perubahan ketika ada kebiasaan buruk yang memicu pemborosan.

Misalnya, saat di-tracking, ternyata, Anda terlalu banyak membeli makanan dari luar rumah yang mengganggu kondisi keuangan Anda. Dengan mengetahui masalahnya apa, maka kebiasaan buruk itu bisa dihentikan dengan segera.

4.     Mengurangi Kegelisahan dalam Keuangan

Banyak orang merasa gelisah saat memikirkan keuangan di masa sekarang maupun masa depan. Maka dari itu, catatlah pengeluaran dan lakukan tracking untuk meminimalisir perasaan gelisah tersebut. Sebab, rasa gelisah ini muncul dikarenakan Anda merasa tidak mempunyai kontrol terhadap keuangan. Jika Anda melakukan tracking, maka Anda paham betul kemana uang Anda pergi, lalu, perasaan gelisah ini akan berkurang.

5.     Lebih Transparan Masalah Keuangan dengan Pasangan

Keuntungan tracking pengeluaran yang selanjutnya adalah bisa lebih transparan dengan pasangan. Proses transparansi ini tentunya akan meminimalisir masalah rumah tangga. Anda bisa melakukan tracking bersama pasangan. Jelaskan dan diskusikan dengan pasangan terkait dengan alasan Anda berbelanja sedemikian rupa. Selain itu, Anda juga bisa memecahkan masalah keuangan bersama dengan pasangan.

Baca juga : Contek Cara Budgeting Ala Li Ka-Shing yang Ampuh Atur Pengeluaran

6.     Mencapai Tujuan Finansial

Tentunya Anda mempunyai mimpi finansial yang akan dicapai. Maka dari itu, mulailah catat pengeluaran dan lakukan tracking supaya tujuan finansial ini bisa didapatkan. Apakah tujuan ini untuk membayar hutang, menabung, atau melakukan investasi.

Dengan tracking, maka Anda tahu nominal uang yang akan dialokasikan untuk setiap tujuan finansial. Anda bisa saja menemukan dana sisa yang bisa dialihkan untuk tabungan.

Demikian keuntungan melakukan tracking pengeluaran dengan baik. Salah satu cara untuk melakukan tracking pengeluaran dengan mudah adalah memanfaatkan fitur riwayat transaksi di e-wallet Bayarind. Dengan e-wallet Bayarind, Anda juga bisa melakukan transfer ke berbagai rekening, melakukan pembayaran tagihan, berbelanja di berbagai merchant.

Yuk, segera download aplikasi Bayarind melalui Play Store atau App Store dan dapatkan berbagai kemudahan transaksinya. Anda juga bisa melakukan tracking pengeluaran dengan praktis sehingga tujuan finansial bisa tercapai.

Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : pengeluaran-bulanan budgeting
KEMBALI KE ATAS