Berkenalan dengan Rupiah Digital, Uang Digital Indonesia yang Siap Diluncurkan

27 October, 2022 | Uang Digital di Indonesia

Share:

Mengikuti perkembangan digital currency yang semakin masif di dunia internasional, Indonesia sebentar lagi akan memiliki uang digital Indonesia secara resmi. Uang digital atau yang disebut juga Central Bank Digital Currency (CBDC) diberi nama Rupiah Digital.

Dilansir dari beberapa sumber, saat ini Bank Indonesia (BI) tengah melakukan kajian terkait penggunaan mata uang digital tersebut dalam transaksi masyarakat. Tentu saja, kehadiran Rupiah Digital ini diharapkan akan memudahkan masyarakat melakukan transaksi secara digital untuk pemenuhan kebutuhan mereka serta menunjang transformasi digital yang dicanangkan pemerintah.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan Rupiah Digital tersebut dan adakah perbedaan dengan uang elektronik lainnya?

Sekilas Tentang Rupiah Digital

Seperti yang disinggung sebelumnya, Rupiah Digital akan hadir sebagai produk uang digital Indonesia yang bisa digunakan untuk membayar transaksi masyarakat. Tentu saja, Rupiah Digital adalah mata uang resmi sebagaimana uang kertas yang digunakan saat ini.

Apabila dilihat dari segi konsep, Rupiah Digital memiliki kemiripan dengan mata uang kripto. Namun, harga dari Rupiah Digital tersebut akan dipatok berdasarkan mata uang kartal dari negara.

Baca juga : Uang Digital di Indonesia Bisa Disimpan di Bayarind Lho !

Selain itu, perlu diketahui bahwa Rupiah Digital nantinya akan dikeluarkan dengan menggunakan teknologi blockchain. Penggunaan teknologi blockchain ini memang sejalan dengan mata uang kripto. Ditinjau dari tujuannya, penggunaan teknologi ini diharapkan akan menciptakan efisiensi penggunaan mata uang serta menambah kecepatan transaksi yang dilakukan.

Meskipun demikian, Bank Indonesia masih terus melakukan kajian terutama terkait risiko pemanfaatan teknologi ini. Hal ini dikarenakan blockchain sebelumnya dikenal sebagai sistem yang tidak memiliki regulator resmi.

Perbedaan Rupiah Digital Dengan Uang Elektronik Lainnya

Jika disimak, saat ini ada cukup banyak aplikasi yang menyediakan layanan e-wallet atau uang elektronik. Tentu, sekilas, uang elektronik tersebut dianggap mirip dengan Rupiah Digital karena sama-sama menggunakan teknologi digital.

Hanya saja, apabila ditelaah lebih lanjut, ada beberapa perbedaan antara Rupiah Digital dan dompet digital yang penting untuk diketahui. Beberapa perbedaan tersebut diantaranya adalah:

1.      Rupiah Digital diterbitkan secara resmi oleh BI

Salah satu perbedaan mendasar antara Rupiah Digital dengan uang elektronik lainnya adalah instansi yang menerbitkannya. Dalam hal ini, CBDC atau Rupiah Digital secara resmi diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas tertinggi terkait peredaran uang di Indonesia.

Baca juga : Mengenal Berbagai Fitur Menarik di Aplikasi Bayarind

Di sisi lain uang elektronik lain yang banyak digunakan masyarakat saat ini diterbitkan oleh lembaga keuangan non-bank. Tentu, perbedaan instansi yang menerbitkan ini akan berpengaruh pada layanan yang akan didapatkan masyarakat.

2.      Risiko Rupiah Digital cenderung lebih rendah

Penggunaan teknologi digital untuk transaksi memang memiliki risiko, terutama berkaitan dengan keamanan data yang tersimpan. Nah, dibandingkan dengan uang elektronik lainnya, Rupiah Digital diklaim memiliki keamanan yang jauh lebih terjamin.

Klaim ini tentu tidak berlebihan. Pasalnya, Rupiah Digital diterbitkan oleh lembaga resmi negara yang memiliki sumber daya profesional serta manajemen yang sudah teruji. Tidak hanya itu, peredaran Rupiah Digital pun nantinya akan dikontrol secara penuh oleh bank sentral.

Bisa dikatakan bahwa hadirnya Rupiah Digital akan memberikan opsi pembayaran yang lebih menarik bagi masyarakat saat bertransaksi. Nah, Anda yang ingin merasakan penggunaan uang digital Indonesia untuk kemudahan transaksi bisa menginstal aplikasi Bayarind.

Ya, bayarind.id merupakan layanan e-wallet Indonesia yang sudah terintegrasi dengan beragam e-commerce. Nantinya, ketika uang digital Indonesia sudah dirilis, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembayaran transaksi di banyak e-commerce dengan aman dan cepat.

Bagikan Artikel:

Muhammad Doni Darmawan
Muhammad Doni Darmawan adalah seorang penulis dan SEO Spesialist yang memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, Doni terus memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan pemahaman tentang teknologi dan SEO bagi masyarakat luas
Tag : uang-digital-indonesia rupiah-digital uang-rupiah-digital

BERITA LAINNYA

KEMBALI KE ATAS